Sabtu, 12 Mei 2012

PELATIHAN ABSTRACT 2 KSM ANALITICO


Asia Pacific Academic Consortium for Public Health (APACPH) merupakan organisasi Internasional. Setiap tahun APACPH menyelenggarakan konferensi akbar yang mengundang participant dari berbagai Universitas di Region Asia Pasifik terutama yang bergerak di bidang Public Health. Tahun 2012 ini APACPH akan menyelenggarakan konferensi ke-44 di Colombo, Sri Lanka pada 14-17 Oktober 2012. Jika ingin mengikuti perhelatan konferensi akbar tersebut, kita harus mengirimkan karya abstract kita. Tema APACPH 2012 kali ini adalah "MILLENNIUM DEVELOPMENT GOALS BEYOND 2015:THE CHALLENGE FOR PUBLIC HEALTH".
            Tahun ini, ANALITICO UI dengan pilot project-nya yaitu Kelompok Studi Mahasiswa Analitico (KSM Analitico) menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk mempersiapkan dan mendorong mahasiswa dari Departemen Biostatistika dan Kependudukan untuk mengikuti berbagai perlombaan dan ajang konferensi yang salah satu konferensi yang dibidik adalah APACPH 2012.
          Pelatihan pertama membahas mengenai introduction of abstract yang dibawakan oleh prof. Adik Wibowo. Beliau adalah guru besar FKM UI dari Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 28 April 2012 di FKM UI. Pesertanya sendiri merupakan anggota KSM Analitico yang untuk awal karena masih pilot project dibuka untuk 20 orang peserta. Namun, tidak memungkinkan jika pilot project ini berhasil KSM akan dibuka untuk seluruh mahasiswa Departemen Biostatistika dan Kependudukan. Pelatihan pertama berlangsung dengan sukses, terbukti dengan komentar puas dari para peserta dan bertambahnya semangat dan motivasi untuk menulis abstract.
Pelatihan kedua pun dilaksanakan untuk menyempurnakan ilmu yang sudah didapatkan dari Prof. Adik. Pelatihan kedua masih tentang abstract, jika pelatihan pertama masih sekedar teori di pelatihan kedua ini peserta diajak untuk praktek langsung oleh trainer hebat Ibu Meiwita Budiharsana yang merupakan salah satu dosen pengajar Departemen Biostatistika dan Kependudukan. Beliau sudah sangat berpengalaman dalam dunia penulisan terutama penulisan ilmiah dan jurnal. Pertengahan tahun 2011 lalu beliau kembali lagi ke Indonesia setelah sekian lama bekerja di Vietnam sebagai Country Director di Population Council Viet Nam serta sebagai Country Representative di The Ford Foundation. Yang paling luar biasa lagi dari pelatihan kedua adalah datangnya triner dari luar negeri. Beliau adalah Mr. Peter Frank yang merupakan profesor dari University of Sidney.
          Dalam pelatihan kedua ini, peserta mendapat banyak sekali ilmu mengenai penulisan abstract, bisa sharing ide dan gagasan tulisan sekaligus mendapat masukan dari kedua trainer hebat tersebut. Sebelumnya peserta sudah diminta untuk menuliskan abstract dan membawa berbagai referensi yang mereke gunakan sehingga pada saat pelatihan mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan dan membuat pelatihan serta diskusi berjalan dengan sangat kondusif.
          Harapan kami, adalah bisa membekali mahasiswa biost dengan pelatihan yang berkualitas sehingga mahasiswa mengerti dan paham bagaimana menulis abstract yang baik dan termotivasi untuk mengikuti berbagai perlombaan dan konferensi. Harapan besar kami tentulah bisa bersama-sama berangkat ke Sri Lanka dengan membawa bendera kebanggaan kami Analitico UI. Go Fight and Win Analitico!

Siti Masitoh
(President of Analitico UI 2012)


Our Trainer " Mr. Peter Frank" from University of Sidney

Our Trainer Ms. Meiwita Budiharsana (Lecturer from Departemen Biostatistics and Population Study)

Tim KSM Analitico (The pilot project in this year)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini