Sabtu, 04 Juni 2011

Notes Analitico ed. Mei 2011 part 2 (Pemecahan Masalah)

Setelah memaparkan permasalahan kesehatan masyarakat yang ada di Indonesia, penulis hendak mengajak para pembaca untuk memikirkan solusi yang mungkin untuk mengatasinya.

Permasalahan kesehatan masyarkat sebenarnya sangat dipengaruhi oleh “kemauan” masyarakat untuk hidup sehat. Mari kita lihat permasalahan perhitungan penduduk. Andai saja penguasa di sana mengetahui betapa pentingnya data jumlah penduduk, mungkin dia akan merelakan desanya untuk digabung dengan desa lainnya. Jumlah penduduk yang sebenarnya pun dapat dihitung sehingga perhitungan besar masalah menjadi lebih akurat. Kita pun sebenarnya dapat memberikan pengertian bahwa jika program yang kita laksanakan berhasil, hasilnya akan membawa keuntungan bersama. Sebagai ilustrasi, jika masyarakat di suatu daerah tidak memiliki masalah kesehatan maka dana yang ada bisa dialihkan untuk keperluan yang lain.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah “peran serta masyarakat”. Telah dipaparkan bahwa dalam negara demokrasi rakyat sangat berperan. Kita dapat mengambil contoh dalam permasalahan sampah. Salah satu upaya penanggulangan sampah yang dilakukan oleh pemerintah dan dapat kita lihat dalam kehidupan sehari – hari adalah penyediaan tempat sampah di tempat – tempat umum. Pemerintah berharap dengan penyediaan tempat sampah seharunya masyarkat tidak kesulitan untuk membuang sampah. Namun apakah hal ini akan menyelesaikan masalah? Seringkali tidak. Keberhasilan program ini sangat dipengaruhi peran masyarakatnya, karena yang membuang sampah adalah masyarakat. Karena itu, pemerintah juga harus memikirkan bagaimana mereka dapat menggerakkan masyarakat untuk mendukung programnya.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah permasalahan kesehatan masyarkat sebagai masalah yang “kompleks dan harus diselesaikan bersama”. Mengapa kompleks? Seringkali masalah kesehatan masyarakat tidak berdiri sendiri, artinya masalah kesehatan masyarakat dipengaruhi berbagai sebab dan dapat juga sebagai akibat dari masalah lain. Sebagai contoh, mari kita lihat masalah penyebaran penyakit kolera. Penyakit kolera biasanya ditularkan melalui sumber air. Untuk mengetahui gambaran penyebaran kolera dan membuat petanya dibutuhkan ahli geografi. Lalu untuk melakukan uji terhadap airnya, harus dites di laboratorium. Untuk pendanaanya dibutuhkan peran masyarakat ataupun dapat berasal dari pemerintah dan donatur. Semua pihak mempunyai bagiannya masing-masing dalam mengatasi permasalahan kesehatan masyarkat.

Kesimpulannya, walaupun tidak sulit dibutuhkan kemauan, peran serta masyarakat, dan kerja sama berbagai pihak dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan masyarkat. Mudah-mudahan uraian ini bisa memberikan solusi dan penerangan bagi teman-teman seperjuangan di FKM.

jangan malu-malu untuk nulis komen,saran,kritik di bawah ya teman2 :D untuk perbaikan di notes2 selanjutnya...terima kasiiiiihhhh :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini